Senin, 17 Desember 2012

Pencemaran Lingkungan


Oleh: Peni Widi Hastuti, berbagai sumber

A.  Pengertian Pencemaran
   Pencemaran adalah masuknya atau dimasukannya makhluk hidup, zat, energi atau komponen lain kedalam lingkungan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia/oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan kurang/ tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya. (UU Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup No 04 tahun 1982).

B. Macam-macam Pencemaran Lingkungan
1. Pecemaran Udara
Pencemaran ini disebabkan oleh:
 CO2 (Karbon dioksida) berasal dari pabrik, mesin– mesin yang menggunakan bahan bakar fosil (batu bara, minyak bumi), kendaraan dan juga pembakaran kayu.
 C0 (Karbon monoksida) merupakan karbon yang dihasilkan oleh proses pembakaran di mesin yang tidak sempurna. Contoh, menghidupkan AC pada mobil dalam tertutup dapat menyebabkan keracunan dan kematian.
 CFC (Khloro Flouro Karbon) karbon ini terdapat pada lemari es dan hairspray.
 SO dan SO2, gas ini dihasilkan oleh pembakaran fosil yang bisa menyebabkan hujan asam.
 Asap rokok, pencemaran ini berupa asap yang dihasilkan oleh perokok. Dampaknya menyebabkan kanker paru– paru dan kelainan pada janin yang berada di dalam kandungan.

2. Pencemaran Air
Pencemaran ini terjadi karena air terkontaminasi dengan limbah. Limbah tersebut bisa berasal dari limbah pertanian, limbah rumah tangga, limbah industri serta tercemarnya air dikarenakan penangkapan ikan dengan racun.

3. Pencemaran Tanah
Pencemaran yang terjadi karena tanah terkontaminasi dengan limbah organik maupun limbah anorganik. Limbah ini berasal dari limbah rumah tangga, pasar, industri, kegiatan pertanian dan peternakan.Description: MUSA-Sejumlah-sampah-di-kali-acai2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar