Sabtu, 29 Desember 2012

Pertolongan Pertama dengan Obat Rumahan


*
Oleh: Peni  Widi Hastuti, berbagai sumber

1.       Putih telur dapat mengatasi kerut di kulit
Menurut Dr. Stephen dari Australian College of Dermatologist, putih telur mengandung protein yang disebut albumin. Protein yang agak mirip pelembab ini untuk sementara dapat menutup kerutan pada kulit.

2.       Es batu dapat mengatasi luka di bibir
Es batu dapat digunakan untuk mengatasi , seperti  luka dekat mulut akibat herpes  dapat diatasi dengan kompres es atau cold sore yang menyebabkan area luka kebal dan mengurangi rasa sakit untuk sementara waktu. Meski demikian, menurut DR. Brian Morton, Wakil Ketua Australian Medical Association cara ini tidak sampai pada akarnya karena luka tersebut disebabkan oleh virus. Jadi jangan lupa gunakan juga obat antiviral sesuai dengan saran dokter Anda.

3.       Kulit pisang dapat mengatasi kutil
Menurut Dr. Schumack, menggosok kulit yang sakit memakai bagian licin dari kulit pisang bisa menyebabkan iritasi kulit. Hal ini akan merangsang reaksi dari sistem imun untuk mengenyahkan kutil. Lakukanlah cara ini secara rutin agar mendapat hasil yang diinginkan.

4.       Sengatan lebah dapat diatasi dengan larutan pengembang kue
Dalam Good Health & Medicine disebutkan bahwa baking soda atau soda kue yang dilarutkan dalam air akan  memberi efek yang menenangkan pada lukan akibat sengatan lebah. Pasta gigi juga diyakini efektif dalam mengurangi nyeri. Odol bekerja dengan cara menetralkan asam dalam venom atau sengat lebah.

5.       Tersengat ubur- ubur atasi dengan air hangat
“Studi WA yang dipublikasikan dalam Medical Journal of Australia menunjukkan bahwa air hangat bersuhu 45° C meredam 88 persen nyeri yang diakibatkan oleh sengatan ubur-ubur dalam waktu empact menit. Air hangat juga menghentikan inflamasi atau peradangan” ungkap Dr. Morton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar