Sabtu, 29 Desember 2012

TIPS AGAR ANAK MAU MENDENGAR


*Nasihat orang tua sering diabaikan anak. Dalam buku No More Misbehavin’: 38 Dfficult Behaviors and How Stop Them, Michele Borba, Ed. D, memberi saran sebagai panduan agar anak mendengarkan orang tua.
1.       Jadilah pendengar yang baik
Anak-anak tidak bisa belajar menjadi pendengar yang baik bila mereka tidak memiliki panutan yang baik. Pastikan kita sebagai orang tua menunjukkan apa yang kita harapkan dari mereka dengan menjadi pendengar yang baik.
Seperti pepatah “Kita memiliki dua telinga dan satu mulut karena ada alasannya.” Maksudnya, dengarkan anak Anda saat bicara dua kali lebih banyak daripada bicara Anda.
2.       Berbicaralah dengan penuh hormat
Bila Anda menjadi seorang anak, bagaimana Anda ingin diajak berbicara? Gunakan harapan Anda itu sebagai modelnya.
3.       Beri perhhatian terlebih dahulu baru berbicara
Dapatkan perhatian anak terlebih dulu. Pastikan mereka melihat Anda sebelum Anda berbicara. Secara verbal, Anda juga bisa meminta perhatian anak saat bertatapan, Anda mendapat perhatian penuh dari anak. Inilah saat Anda menyatakan permintaan.
4.       Berikan peringatan
Ada kalanya sulit mengalihkan perhatian anak, terlebih saat mereka melakukan sesuatu yang menarik. Beri batasan waktu kepada mereka. Contohnya, “ Ayah/Ibu memerlukan bantuan kamu, lima menit lagi ya?”
5.       Turunkan volume suara
Daripada berteriak, lebih baik turunkan volume suara Anda. Berbicaralah dengan nada yang lebih lembut.
6.       Jangan berpanjang lebar
Ungkapkan permintaan kepada anak secara singkat dan langsung, karena anak tidak menyukai penjelasan yang panjang lebar. Contohnya, “bereskan temapat tidurmu sebelum bermain”.
Kadang, irit kata juga membantu. Cukup satu kata kadang bisa menjadi trik yang baik, misalnya “PR”.   

Oleh: Peni W Hastuti,tabloid gaya hidup sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar